RSS

Translate

Share

Sabtu, 30 April 2011

The Origin of Kwetiau (2)

Kembali lagi untuk mengulas seluk beluk makanan yang namanya KWETIAU :)

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa sajian dengan bahan dasar Kwetiau dapat ditemukan di berbagai negara serta kebudayaan. Setiap "style" memiliki karakter dan ciri khas masing2.

Sebut saja Kwetiau Medan, kita kenal beberapa variasi seperti Kwetiau Pek-Cha (digoreng polos), Kwetiau Kangkung Belacan (terasi), dan umumnya jika kita memesan Kwetiau Medan akan disajikan Kwetiau Goreng dengan pelengkap seperti Udang, Lap-Chong(sosis babi berwana merah), daging Babi, Fish Cake, dan telur bebek.

Ada lagi Kwetiau Singapore yang sebenarnya mirip dengan Kwetiau Medan dan tidak jauh berbeda dengan Kwetiau yang dijual di Malaysia. Salah satu variasi yang unik dari Singapore adalah Kwetiau Kerang yang menggunakan kerang dara (direbus setengah matang sebelum di-cah).

Kwetiau yang kita temui di Medan, Singapore, dan Malaysia sangat mirip karena berasal dari satu etnis yang sama yaitu Hokkian dan mayoritas (namun tidak semua) disebarkan oleh penduduk Fujian, China.

Kwetiau Akang (Jakarta) dan Kwetiau Apeng (Surabaya) adalah contoh Resto Kwetiau dengan Medanese style. Resto lainnya terkonsentrasi di daerah Jelambar dan Muara Karang.

Bentuk kwetiau yang tipis dan kenyal (karena campuran sagu), telur bebek, dan tauge besar menjadi ciri khas masakan kwetiau jenis ini.
Rasa asin dari Cio-Cheng (Kecap Angsa) yang berwarna bening menjadikan Kwetiau Medan berwarna tidak terlalu gelap pada penyajiannya.

Karakter rasa Kwetiau Medan didapat dari beberapa bumbu2 dasar-nya seperti Cio-Cheng, MSG, dan bahan2 pelengkap lain seperti Udang, Telur Bebek, dll.

Sifat kwetiau medan yang merupakan campuran tepung sagu dan tepung beras hanya memerlukan sedikit air karena tidak lengket dengan kuali.
Memasaknya pun mudah, cukup masukan Udang Kupas, Fish Cake, dan Lap-Chong kedalam minyak panas. Cah sampai wangi. Masukkan kwetiau mentah. Siram dengan sedikit air agar kwetiau melemas. Masukkan Cio-Cheng dan sedikit MSG. Masukkan telur bebek dan biarkan sebentar agar sedikit terpanggang. Toge dimasukkan terakhir agar tidak terlalu layu. Aduk sebentar dan Kwetiau Medan siap disajikan.

note: Cara masak diatas adalah cara umum memasak Kwetiau Medan dan tentunya setiap Resto memiliki ciri khas dan rahasia masing2. Kebetulan Kwetiau Medan bukan spesialisasi saya sehingga mohon maklum apabila ada point2 yang masih kurang. Silahkan teman2 berikan masukan dan koreksinya. Terima kasih

Notes berikutnya akan membahas karakter kwetiau dengan lebih spesifik. Perbedaan sifat kwetiau yang membedakan cara pengolahannya akan dipahami lebih jelas lagi setelah dibandingkan dengan variasi kwetiau "style" lain

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Live Traffict Feed

NeoCounter

ONLINE COUNTER

VISITOR COUNTER