RSS

Translate

Share

Sabtu, 30 April 2011

The Origin of Kwetiau (1)

Kita semua tahu kalau Kwetiau termasuk jenis makanan "berat" seperti bihun, mie, dan soun. Semua makanan tersebut biasa ditambahkan dengan berbagai bahan serta dimasak dengan berbagai "gaya" sesuai kultur masyarakat setempat.

Kata "Kwetiau" sendiri berasal dari 2 kata yang berarti "seutas kue". Berbeda dengan mie, kwetiau tidak menggunakan telur sebagai bahan dasar dalam pembuatannya. Disebut "Kwe" yang berarti kue karena Kwetiau dibuat dari adonan tepung beras yang dikukus sebelum dipotong-potong menjadi bentuk "tiau"(seutas tali)

Seperti halnya mie yang disajikan dalam berbagai variasi seperti mie Bangka, mie Aceh, mie keriting, mie alot, dan mie karet, demikian pula dengan Kwetiau.

Kwetiau versi Thailand kita kenal dengan sebutan "Pat Thai", Singaporean biasa mengenal "Char Hor Fun", orang Medan terkenal dengan "Kwetiau Belacan", dan Pontianak dengan "Kwetiau Sapi"-nya. Semua menu olahan Kwetiau tersebut memiliki ciri khas masing2, baik dari bahan2 yang ditambahkan, cara memasak, bahkan cara penyajian yang mengusung kultur masing2 kebudayaan dimana Kwetiau disajikan.

Demikian sedikit ulasan tentang Kwetiau, dalam artikel berikutnya akan saya bahas tentang "style" memasak kwetiau serta sifat-sifat alamiah yang membedakan penyajian kwetiau dengan makanan lain seperti mie, nasi, dan bihun.

http://www.facebook.com/note.php?note_id=84259884576

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Live Traffict Feed

NeoCounter

ONLINE COUNTER

VISITOR COUNTER